Kandungan Manfaat Buah Naga Untuk Asam Urat: Cara Pengobatannya

Buah naga merupakan buah yang berasal dari Amerika Tengah, yang memiliki rasa enak dan manis. Banyak yang menyukai buah berbentuk unik ini dikarenakan memiliki manfaat. Manfaat buah naga untuk asam urat sangatlah banyak.

Manfaat buah naga untuk asam urat

Penyakit asam urat biasanya diderita oleh orang dewasa umur 40 tahun keatas. Namun, asam urat juga tidak menutup kemungkinan menjangkit remaja maupun anak-anak.

Bedanya, asam urat pada usia muda tidak separah asam urat usia dewasa. Untuk mengurangi resiko asam urat entah di usia dewasa maupun masih muda, sangat baik anda rutin mengkonsumsi buah naga. Buah naga sangat baik untuk kesehatan, kandungan nutrisi yang sangat kaya juga dengan rasa yang unik.

Asam urat adalah penyakit yang sulit untuk disembuhkan, bahkan jarang ada yang benar-benar dapat sembuh total dari penyakit ini.

Asam urat sangatlah mengganggu, biasanya orang dewasa yang sangat sibuk ketika terkena penyakit asam urat memiliki banyak pantangan masakan. Asam urat biasanya menyerang usia produktif, mereka memiliki pola hidup yang tidak baik.

Kandungan buah naga yang baik untuk asam urat

Buah naga merupakan buah yang enak, manis dan lezat. Semua orang suka mengkonsumsi buah naga, namun karena masalah harga orang-orang berfikir ulang untuk rutin mengkonsumsi buah naga. Anda mungkin tidak berfikir manfaat buah naga yang kaya akan nutrisi.

Kebanyakan orang pertama kali yang dipertimbangkan ketika ingin mengkonsumsi buah adalah rasa dan jenis buah-buahan. Padahal selain itu ada hal yang jauh lebih penting yaitu kandungan nutrisi yang terdapat di dalam buah.

Anda harus mengetahui tentang hal ini, karena mengkonsumsi buah juga harus di sesuaikan dengan kebutuhan tubuh. Kebutuhan nutrisi tubuh berbeda-beda, ada yang lebih membutuhkan vitamin C, kalsium, mineral dan lain-lain.

Kandungan nutrisi Buah naga untuk mengobati asam urat adalah vitamin C, B1, B2, B3, fosfor, kalsium dan protein. Buah naga baik untuk membantu proses pembentukan jaringan. Kekurangan jaringan membuat resiko tinggi terkena asam urat.

Asam urat biasanya disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan gaya hidup yang tidak baik. Alkohol yang dimaksudkan bukan hanya dari minuman yang langsung memiliki label beralkohol.

Namun ada banyak juga makanan-makanan yang mengandung alkohol yang tinggi. Anda harus teliti dalam memilih makanan dan minuman yang anda konsumsi sehari-hari.

Manfaat buah naga

Selain untuk mengurangi resiko asam urat, anda juga harus mengetahui beberapa manfaat buah naga. Buah naga bermanfaat juga untuk bagus untuk menurunkan berat badan, mencegah penyakit kanker (mengandung Lycopene), meningkatkan nafsu makan, mengandung banyak antioksidan, cocok untuk diet, mencegah diabetes melitus, bagus untuk darah, bagus untuk tulang, menunda penuaan dini, mencegah peradangan, menjaga kesehatan jantung (mengandung lycopene), memperkuat gigi, mencegah kram, menjaga ion tubuh, baik untuk membersihkan usus.

manfaat buah naga untuk asam urat dan organ-organ lain sangatlah banyak. Seperti yang telah anda ketahui, berbagai manfaat yang anda rasakan saat anda rutin mengkonsumsi buah naga.

Kandungan vitamin dan mineral pada buah naga memiliki manfaat yang sangat banyak. Selain itu, warna yang menarik dan rasa yang enak lagi manis tidak akan membuat anda jenuh untuk mengkonsumsinya.

Langkah-langkah mengobati asam urat

Penyebab dan gejala asam urat diakibatkan karena terlalu banyak mengkonsumsi alkohol dan juga gaya hidup yang tidak baik. Adapun gejala-gejala yang ditimbulkan adalah :

1. rasa nyeri biasanya dirasakan pada saat pagi atau malam hari pada bagian sendi tangan, jari tangan serta pegelangan tangan

2. nyeri yang terasa secara berulang – ulang pada bagian sendi

3. Pembengkakan juga sering terjadi saat nyeri

4. Bahaya asam urat kronis, rasa nyeri bahkan dapat dirasakan walau dengan gerakan yang sedikit.

Untuk melakukan antisipasi atau pengobatan, sebelumnya anda harus melakukan tindakan preventif dengan mengkonsumsi buah naga. Menggunakan manfaat buah naga untuk mengobati asam urat dapat anda rasakan sebagai metode untuk mengurangi resiko asam urat kronis.

Namun jika sudah terkena oleh asam urat, anda masih harus tetap mengkonsumsi buah naga. Penyakit asam urat tidak harus diobati menggunakan obat-obatan kimia dokter. Anda dapat mengobatinya dengan obat-obatan herbal atau mengkonsumsi berbagai makanan selain buah naga. Adapun beberapa pengobatan herbal atau alami yang dapat anda gunakan adalah :

1. Menggunakan rebusan daun salam. Ambil beberapa lembar daun salam dan sereh. Rebus secara bersamaan dalam waktu yang lama untuk mengeluarkan zat-zat baik dari bahan-bahan ini. Rebus sampai sedikit air yang tersisa, misalnya dari 700 cc tersisa hingga 200cc.

2. Rebusan air ubi jalar. Bahan-bahannya : 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 1 jari kayu manis, 5 gr biji pala, 15 gr jahe merah, 1000 ml air dan 200 gr ubi jalar. Rebuh semua bahan sampai tersisa setengahnya, saring lalu minum air rebusan semua bahan-bahan tersebut. Sedangkan ubi jalarnya dapat anda konsumsi langsung.

3. Buah pare. Bahannya : 1 buah pare. Cara membuatnya : bersihkan buah pare dari bijinya, potong kecil-kecil lalu rebus dengan air selama kurang lebih 15-20 menit. Minum air rebusan secara teratur selama seminggu satu kali sehari

4. Campuran daun cocor bebek, cengkeh dan jahe. 5 butir cengkeh, 5 butir kapulaga, 4 lembar daun cocor bebek, 1 jari kayu manis, 5 gr biji pala, jahe 10 gr, dan 600 ml. Cara membuatnya dengan merebus semua bahan-bahan sampai tersisa setengahnya yaitu dari 600ml sampai tersisa 300ml. Itulah beberapa bahan yang dapat anda gunakan selain cara menggunakan manfaat buah naga untuk asam urat.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *