Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!

Mari Menjelajah Wisata Gunung Salak Endah Bogor

Setiap libur, biasanya saya mencari tempat berlibur yang pas untuk dikunjungi. Selain untuk melepaskan penat dengan segudang aktifitas, berlibur membuat pikiran saya menjadi lebih fresh dari sebelumnya.

Wisata Gunung Salak Endah Bogor
Wisata Gunung Salak Endah Bogor

Bagaimana dengan anda? Apakah sama dengan saya? Jika anda memiliki hal yang sama dengan saya, saya akan mengajak anda mengulik tempat wisata di Bogor yang ciamik dan nggak bakalan nyesel deh. Anda pasti mengenal kota Bogor, kota yang memiliki julukan sebagai kota hujan ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik.

Tak heran bila setiap liburan kawasan Bogor selalu di sesaki dengan para wisatawan, salah satunya adalah wisata Gunung Salak Endah Bogor.

Banyak wisatawan yang berlibur ke kota hujan ini memilih puncak sebagai destinasi wisata mereka. Saking banyaknya, jalan menuju puncak selalu macet, macetnya pun bisa mengular sampai berkilo-kilo meter. Aduh…menghadapi macet memang selalu bikin bad mood bener gak sih? Nggak jadi liburan malah tambah stress menghadapi macet.

Bila anda malas dengan kemacetan yang panjang. Bogor punya nih, destinasi wisata yang tidak kalah dengan puncak, yakni gunung salak endah.

Gunung Salak Endah berlokasi di Gunung Sari, Kecamatan Pajihan, Bogor. Memasuki gerbang kawasan Gunung salak endah anda akan dikenakan biaya 10.000 rupiah.

Ada beberapa wisatawan yang kurang puas, karena disepanjang perjalanan sudah banyak berdiri rumah-rumah warga. Sehingga para wisatawan hanya sesekali dapat melihat lembah-lembah di sepanjang perjalanan. Bagi masyarakat Bogor Gunung Salak memiliki kesan gelap, semenjak kecelakaan pesawat beberapa waktu lalu.

Dan bagi para pendaki, Gunung Salak banyak dikenal sebagai gunung angker yang sering menyesatkan pendaki. Bisa dikatakan Gunung Salak bagi masyarakat Bogor memiliki kesan mistis.

Sebenarnya peran pemerintah dibutuhkan disini, bila Gunung Salak ditata dengan baik dan rapi, mungkin kesan mistis itu dapat hilang sehingga bisa menjadi daya magnet bagi para wisatawan.

Akan tetapi Gunung Salak Endah memiliki beragam tempat menarik untuk dikunjungi dan sangat sayang bila dilewatkan. Bila anda masuk melalui Cibatok, dari gerbang gunung sari anda akan berturut-turut melewati kawasan wisata yang menarik dan sayang bila dilewatkan.

Mulai dari pemandian air panas, curug atau air terjun, kawah dan masih banyak lagi. Wah ternyata banyak sekali kawasan wisata di gunung salak ini ya. Mari kita segera menjelajah sudut-sudut Gunung Salak Endah ini.

Beberapa Kawasan Menarik Gunung Salak Endah Bogor

1. Pemandian Air Panas

Kawasan wisata yang pertama kita jelajah adalah pemandian air panas. Udara sekitar Gunung Salak Endah yang dingin sambil berendam air hangat memberikan kenikmatan yang tiada tara.

Area ini merupakan tempat wisata yang tepat untuk berelaksasi melepaskan penat sambil menikmati hangatnya air dan juga sejuknya pemandangan sekitar. Anda dapat menikmati air hangat yang mengalir dari pancuran-pancuran bambu atau yang ada di kolam dengan suasana yang asri menjadikan badan anda segar dan bugar.

Harga tiket masuk pemandian air panas ini sangat murah, cukup membayar 4.000 rupiah saja. Anda sudah dapat memanjakan tubuh anda dengan berendam air panas.

2. Curug Cigamea

Destinasi wisata Gunung Salak Endah Bogor selanjutnya adalah curug cigamea. Dalam bahasa setempat Cigamea berarti gemuruh. Dinamakan cigamea karena dari jarak yang cukup jauh sekitar 700 meter suara air terjun yang bergemuruh dapat pengunjung dengar. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 50 meter.

Untuk menuju ke air terjun ini anda akan melewati jalan setapak yang terbuat dari bebatuan alam hasil swadaya masyarakat sekitar. Namun anda harus berhati-hati ya, karena di area curug cigamea ada banyak monyet ekor panjang.

3. Kampung Budaya Sindangbarang

Berada di lereng Gunung Salak tepatnya di desa Pasir Eurih, Kecamatan Tamansari, Kabupaten Bogor ada sebuah kampung yang dinamakan kampung budaya Sindangbarang.

Kawasan satu ini wajib dikunjungi, karena merupakan destinasi wisata berbasis seni dan kebudayaan. Area ini memiliki luas sekitar 8.600 meter persegi, dan merupakan sebuah replika sebuah desa kuno pada abad ke-12. Di kampung ini wisatawan dapat melihat rumah-rumah dari bambu dan atap dari ijuk.

Kampung ini juga melestarikan imah gede (rumah besar) tempat bagi para tetua adat bermusyawarah, lumbung padi dan bale pesanggrahan tempat untuk tamu-tamu penting menginap. Bila anda ingin menikmati atraksi seni budaya asli Sunda, anda dikenakan biaya 150.000 rupiah per orang minimal 30 orang.

4. Kawah Ratu

Pembahasan kita selanjutnya adalah Kawah Ratu. Kawah Ratu berada di pinggang Gunung Salak. Destinasi ini merupakan destinasi favorit bagi para wisatawan yang menyukai treking. Kawah Ratu memiliki pemandangan yang indah, namun untuk mencapai Kawah Ratu anda harus mendaki dulu. Kawah Ratu memiliki ketinggian 1.437 mdpl, dan merupakan kawah yang aktif mengeluarkan gas belerang terutama sore hari.

Demikianlah sahabat pembahasan kita tentang beberapa kawasan wisata Gunung Salak Endah bogor dalam situs www.cairocinema.net. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *